Hutang

Kamu tidak akan tahu karakter seseorang, sampai kamu berurusan tentang uang dengannya

Ungkapan itu benar adanya. Beberapa waktu belakangan, gue lagi keasikan jualan online. Berawal dari teman SMA yang jualan bumbu instan dan gue cobain dan ternyata enak, guepun berniat jadi reseller. As a pedagang newbie, gue nggak punya ekspektasi apa-apa. Ada yang nanya aja udah seneng. Mungkin karena momennya tepat, yang beli ternyata lumayan banyak.

Adalah satu orang ini, teman yang lumayan dekat saat dulu kerja. Gue kenal baik orangnya, royal, asik, gak pelit dan seru, dan yang paling penting adalah orangnya juga udah lebih dulu ngaji dan kenal sunnah. Dalam bayangan gue, orang ini sudah pasti amanah. Guepun menawarkan dagangan ke dia. Harganya tidaklah seberapa. Bahkan kalau dia minta gratispun sekedar buat sampel, gue bakalan ngasih. Tapi dia membeli. Oke, gue kirimlah barang itu serta ngasih tau nomor rekening beserta nominal yang harus dia bayarkan.

Karena waktu itu orderan lumayan banyak dan agak riweuh, guepun lupa ngecek dia udah bayar atau belum. Beberapa hari kemudian saat semua orderan udah kekirim, baru gue ngecek siapa aja yang udah bayar dan ternyata dia belum. Tapi gue masih postink, mungkin dia udah bayar tapi lupa konfirm (meski emang belom ada notif yg masuk ke rek). Akhirnya gw minta secara halus

“mbak kalo nanti udah transfer kabarin ya, takut ketiban sm transferan yg lain”

Jawab dia

“kan kamu belom ngirim nomor rekening”

Gue mikir, belom ya? Akhirnya gue kirim ulang. Setelah gw scroll wa ke atas, ternyata gue udah ngirim dari awal. Dan kalaupun belom, seharusnya dia yang nanya kan karena dia yang statusnya berutang? Dari situ udah mulai males. Gue nggak suka dengan attitude dia yang nggak ngomong apa-apa dan membuat gue bersuudzon. Akhirnya dia bayar hutang itu setelah beberapa hari.

Lanjut kasus kedua, ketika gue mulai ngejualin buku-buku preloved karena gue sadar, gue udah nggak secinta dulu sama buku. Si mbak ini juga beli lagi. Harganya juga murah banget. Kalau dia minta juga gue kasih aja sih soalnya gue juga udah nggak perlu buku itu. Tapi dia nggak minta, dia beli. Oke fine. Gue jual, langsung gue kirim. Dan sampai sekarang dia nggak ngabarin apakah sudah bayar apa belum (dan kayaknya belom karena belom ada notif masuk ke rekening gue). Kemaren gue ngirim lagi norek, tapi wa gue cuma di read doang.

Baiklah, nggak papa juga sebenernya. Gue cuma jadi tahu aja karakternya. Salah satu sifat orang yang paling bikin ilfeel buat gue adalah orang yang nggak amanah soal hutang. Kalau belum bisa bayar, kabarin orangnya, jangan diem aja. Setidaknya itu itikad baik kalau kamu selalu ingat sama hutang kamu.

Leave a comment