A Book You Read That Change Your Views on Something

Posted: April 20, 2013 in movies and books
Tags:

Lagi-lagi judul di atas gue dapet dari judul postingan Rangerpink di Cat Country (please dong, lo kembali ngeblog karena gue kesepiannn T_T)

Okay, maybe not just A BOOK, karena banyak buku yang ngubah cara pandang gue akan sesuatu. I love books more than food (yang ini bohong :D), gimanapun hebatnya sebuah buku tetep gak bisa bikin perut kenyang karena gak bisa dimakan secara harfiah namun hanya secara metaforis (aduh, apalah ini -__-”)

Gue cuma inget dialog di film Augush Rush.

si cewek kecil imut yang gue lupa namanya nanya ke augush : do you love music?

Augush Rush : More than food

yeah, seperti itulah kira-kira dialognya, gue gak inget persisnya karena udah lama nonton film itu. Oke, sebelum ocehan gue makin random dan gak jelas, mari kembali ngebahas tentang buku. Gue suka baca dari kecil, tapi seperti musik, ada yang penggemar jazz, rock, kpop, melayu, dangdut, hip-hop, country, dan sebagainya dan sebagainya. You get different vibe from different type. Begitupun dengan buku. Ada yang penggemar fiksi fantasi, fantasi ilmiah, buku filsafat, sastra, pengembangan diri dan sebagainya dan sebagainya. Gue gak punya tipe tertentu dalam milih musik ataupun buku. Kalau suka ya suka aja. Tapi mungkin gue lebih prefer ke fiksi daripada buku lainnya. Apapun jenis fiksinya.

Cuma satu aja alasannya kenapa gue lebih suka fiksi daripada kisah nyata. Cerita sedih di fiksi yang tokoh utama cowok kerennya mati aja gue bisa nangis berhari-hari dan galau setengah mati, apalagi kalo cerita sedih yang gue baca itu beneran terjadi. Aduh gak kebayang deh, maybe airmata gue bisa dijadiin buat mandi mengingat akhir-akhir ini air di rumah gue sering mati lagi. Yeah, my tears will be useful.

Terus gue juga gak suka baca cerita yang berat-berat (dari sini udah ketauan banget kapasitas otak gue kwkwkkw). Gue suka baca cerita terjemahan yang settingnya di luar negeri, seru aja gaya bahasa penerjemahnya, terus karena impian gue adalah jalan-jalan ke luar negeri gue jadi bisa banyangin setting yang mereka gambarkan disitu, seru banyangin ada musim-musimnya, terus entah kenapa cowok di novel terjemahan itu karakternya selalu keren-keren. Terutama dalam hal cara dia nyatain perasaan. Lebih lugas aja kayaknya, sweet tapi tetep cowok banget. Bukan berarti cerita yang bukan terjemahan gak bagus lhooo, ini hanya masalah selera aja.

Beberapa buku yang (kayaknya) udah ngubah cara pandang gue akan sesuatu adalah hmm.. well cukup banyak. Mungkin judul diatas gue ubah aja jadi “Some”

A Little Princess karangan Frances Hodgson Burnett, masuk kategori cerita klasik anak-anak. Salah satu koleksi buku yang paling gue sayang. Ceritanya tentang Sara Crewe anak perempuan kecil yang awalnya kaya raya dan kemudian jatuh miskin. Banyak banget pelajaran yang bisa dipetik disini. Bahkan meskipun kita bukan putri, kita bisa pura-pura jadi putri, dengan begitu kita bisa bersikap selayaknya putri sejati, yang lembut hati dan bisa menolong orang-orang meskipun di tengah kemiskinan. Begitulah kita-kira.

Princess Diaries karangan Meg Cabot all of them, (fave gue seri terakhirnya ; Princess Forever). Hal yang merubah cara pandang gue dari buku ini… apa ya? banyak sebenarnya. Contohnya jangan pernah memandang remeh anak aneh di sekolah, karena bisa aja ternyata dia putri suatu negara. Terus, cowok paling keren di sekolah belum tentu cowok paling keren. Musuh bebuyutan bisa jadi temen, terus temen bisa jadi musuh bebuyutan. Yang paling penting, jangan pernah abaikan kakak cowok dari temenmu karena bisa aja suatu saat di masa depan dia berubah jadi milyuner di umur 20 tahun yang menciptakan lengan pembedah robotik.

Flipped karangan Wandelin Van Draanen, buku yang sangat menyenangkan untuk dibaca, terutama karena dia make dua sudut pandang, cowok dan cewek. Walaupun belum nonton filmnya tapi yang penting gue punya bukunya dan udah tau jalan ceritanya. Hal yang ngubah cara pandang gue, maybe simpel kayak jangan menilai orang dari penampilan luarnya, tapi sebenernya kalimat itu mengandung arti yang mendalam. Very recommended :)

The Fault in Our Stars karangan John Green, well, what more can i say? It’s a wonderful book to read, ada banyak banget quote-quote keren. Pokoknya baca sendiri aja supaya dapet sensasinya :D

Sebenernya banyak buku yang ngubah cara pandang gue akan sesuatu tapi lagi males nulis panjang-panjang (penulis blog macam apa gue ini -___-”).

Oh, dan tentu aja Harry Potter karangan JK Rowling yang ngubah cara pandang gue, berikut ulasannya di bawah ini :

Harry Potter and The Sorceres’s Stone : jangan mengurung seorang anak di lemari bawah tangga karena bisa aja ternyata dia penyihir hebat.

Harry Potter and The Chamber of Secrets : Jangan pernah menulis apapun apalagi rahasia tentang dirimu di buku diary yang bisa menjawab sendiri dengan bilang “Hai harry, I’m Tom”

Harry Potter and The Prisoner of Azkaban : Jangan pernah memelihara tikus rumah yang jarinya hilang satu, pokoknya jangan!

Harry Potter and The Goblet of Fire : Berhati-hatilah terhadap piala di dalam maze karena bisa aja itu Portkey dan kalau coba-coba menyentuhnya hanya tersisa satu pilihan, kalau bukan Harry Potter, you’ll dead! I mean,  Lihat aja Cedric Diggory. Tapi well, setidaknya di Twilight dia nggak bisa mati (oke, tunggu itu Robert Pattinson).

Harry Potter and The Order Of Phoenix : Jangan tertipu penampilan orang yang senang memakai baju pink, sepatu berpita, dan memajang banyak foto kucing lucu di kantornya karena bisa aja dia gak semanis penampilannya. Dolores Umbridge contohnya.

Harry Potter and The Half Blood Prince : Jangan mau dikasih buku pelajaran bekas yang udah dicoret-coret dengan instruksi yang berlawanan dari buku aslinya, karena siapa tau itu punya pangeran berdarah campuran.

Harry Potter and The Deadly Hallows…ah udah ah….sedih nulis yang terakhir…. pokoknya banyak pelajaran yang bisa dipetik dan merubah cara pandang.

Seperti kata pepatah, dengan banyak membaca kita akan banyak tau, dengan banyak tau kita akan makin pinter, dengan makin pinter kita akan kaya, dengan jadi kaya kita bisa punya lebih banyak  kesempatan buat nolong orang. Jadi membaca itu sangat banyak manfaatnya, termasuk membaca blog :D

Leave a Reply

